Rabu, 25 Juli 2012

Perkembangan ICDL Indonesia

ICDL INDONESIAMANFAAT ICDL| PENTINGNYA ICDL

ICDL Indonesia

ICDL  sangat di perlukan, Literasi Digital di era Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT), menjadi sama pentingnya dengan melek kemampuan membaca dan menulis. 

Presiden Republik Indonesia memerintahkan untuk memerangi buta huruf di seluruh Indonesia, dan memandatkan kepada Departemen Pendidikan Nasional sebagai program prioritas, terkait dengan kerangka Dasar pada "Pendidikan untuk semua".

Dalam era globalisasi, kemampuan membaca dan menulis dengan kualifikasi akademik saja tidak cukup untuk semua orang untuk mendapatkan tempat kerja yang kompetitif tanpa melek komputer, karena
hampir tidak ada aspek manajerial atau teknis sekarang ini yang tidak berhubungan dengan kemampuan komputerisasi.

Oleh karena itu pelaksanaan program
yang serius dalam mempersiapkan melek digital untuk generasi muda harus dilakukan oleh Pemerintah dan Lembaga Non Pemerintah, dalam menghasilkan tenaga kerja yang kompetitif. Jika generasi muda Indonesia menjadi tidak kompetitif dan tidak produktif, tentu akan menghadapi masalah serius di masa depan.


Untuk mengatasi masalah tersebut di atas, Yayasan Pendidikan Indonesia (YPI Foundation) sebagai Pemegang Sertifikasi Intenasional untuk Penggunaan Komputer atau International Computer Driving Lisence (ICDL), mengusulkan kepada Pemerintah Indonesia melalui Departemen Pendidikan Nasional pada tahun 2006 untuk melaksanakan program ICDL di Indonesia.

Pemerintah dan ICDL Indonesia menandatangani nota kesepahaman dengan Direktorat Jenderal pendidikan untuk melaksanakan program di 300 lebih lembaga pendidikan umum dan 100 lembaga pendidikan Kursus kejuruan di lebih dari 300 Kabupaten di seluruh Indonesia.

Sebagai hasil dari pelaksanaan program di atas, pada tanggal 11 Desember 2006
, ICDL Indonesia menyelenggarakan acara khusus yang dihadiri oleh Direktur ICDL Asia Pasifik, Ketua Yayasan Pendidikan Indonesia (YPI Foundation), dan semua Direktur Jenderal dari Departemen Pendidikan Nasional. 


Pada acara tersebut, Menteri Pendidikan Nasional pada saat itu Prof. Dr. Bambang Sudibjo MBA mengumumkan bahwa program ICDL telah diterapkan di Indonesia, dan pada saat yang sama ia secara resmi menyerahkan sertifikat Akreditasi untuk 71 guru Masyarakat Kepala Sekolah Tinggi Umum.

Dalam sambutannya, Menteri Pendidikan pada saat itu menyarankan kepada semua Direktorat Jenderal terutama Direktorat Jenderal Pendidikan formal untuk mendukung dan melaksanakan program ICDL di Lembaga pendidikan formal, seperti Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Umum Tingkat Atas, dan Sekolah Menengah Kejuruan


Beliau menyebutkan juga dalam pidatonya kepada Direktur Jenderal Pendidikan untuk memasukkan pesantren (Pesantren) dalam pelaksanaan program ICDL.Sebagai informasi tambahan, ICDL Mesir dan ICDL Srilanka yang dikelola oleh UNESCO  berhasil menerima sumbangan dari lembaga donor, seperti Bank Pembangunan Asia dan Bank Dunia untuk melaksanakan program ICDL.

Dengan sumbangan tersebut mereka berencana untuk mendukung 1000.000 Kandidat ICDL di negara yang bersangkutan. Dengan keberhasilan program tersebut, kami berharap bahwa kisah sukses Mesir dan Srilangka dapat diimplementasikan juga di Indonesia dengan sukses.

Sekarang ini, The International Computer Driving Licence (ICDL) adalah merupakan program sertifikat keahlian komputer tingkat dunia yang PALING TERNAMA. Dengan lebih dari 3 juta candidate dan lebih dari 12 juta test yang diselenggarakan di lebih dari 131 negara, ICDL merupakan ukuran kualifikasi keahlian komputer yang diakui diseluruh dunia.  

Selaku Lembaga Sertifikasi yang di’iktiraf diseluruh dunia, kualitas ujian keahlian yang diselenggarakan oleh ICDL merupakan sesuatu yang teramat penting. Para pemegang sertifikat ICDL seyogjanya sangat yakin bahwa sertifikasi keahlian yang mereka miliki adalah merupakan bukti atas kompetensi mereka dalam kaitan dengan olah komputer, dan kerena nya kemudian kualifikasi ini diakui oleh masyarakat dalam arti luas, termasuk di dalamnya para pemberi kerja dan Institusi pendidikan.
Maksud dan Tujuan

Maksud dan tujuan surat ini adalah menyampaikan peluang sertifikasi internasional penggunaan komputer kepada Lembaga Pendidikan yang mengajarkan penggunaan komputer dalam kurikulumnya baik intra maupun ekstra kurikuler. 

Lebih lanjut ICDL Indonesia akan melaksanakan perencanaan program kerjasama dengan lembaga partner baik di dalam negeri maupun luar negeri, antara lain Departemen Pendidikan Nasional, Departemen Agama, Badan Usaha Milik Negara, Badan-badan Swasta Nasional, Lembaga Charity International, Non Government Organization dan lain-lain yang diundang untuk berkontribusi dalam mendukung fasilitas program ICDL baik hardware maupun software.

Pelaksanaan program utama ICDL yang kami tawarkan adalah berupa Proses Akreditasi untuk menjadi ICDL Approved Test Center (ATC) di masing-masing lembaga pendidikan yang berkesepahaman untuk disertifikasi oleh ICDL. Dengan menerapkan program ATC ini, ICDL Indonesia akan berkontribusi untuk mengembangkan sumber daya manusia produktif dengan literasi kemampuan penggunaan komputer yang dapat diterima oleh internasional.


Tujuan Khusus

Tujuan khusus dari rencana sertifikasi pendidikan dan penggunaan komputer melalui ICDL adalah sebagai berikut, yaitu :

1.     Untuk menyediakan akses atau layanan kepada generasi muda Indonesia dengan Sertifikasi Komputasi yang diakui secara Global - International dengan biaya terjangkau.
2.     Memberikan kesempatan untuk Approved Test Center (ATC) ICDL agar menjadi pusat Pendidikan Informasi dan teknologi, khususnya kualifikasi ICDL.
3.     Untuk mengembangkan model Pendidikan Informasi dan Teknologi Komunikasi di Indonesia berkembang dan dikenali di dunia internasional dengan standar kualifikasi internasional di bidang Tekhnologi Informasi dan Komunikasi (TIK)  dalam waktu dekat.
4.     Untuk menghasilkan Generasi Muda Indonesia dengan keterampilan Komputasi, agar mereka mampu untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi atau menjadi tenaga kerja terampil dalam memasuki tempat kerja kompetitif secara lokal atau internasional.
5.     Dengan mengakuisisi keterampilan komputer para alumninya, maka pengguna ICDL tidak hanya berkualitas dalam disiplin secara akademik, tetapi juga memiliki pengetahuan dalam keterampilan komputer, agar mereka menjadi tenaga kerja terampil yang dapat bersaing di tempat kerja yang kompetitif, lokal atau internasional.
6.     Meningkatkan pendapatan dari angkatan kerja terampil yang menggunakan ICDL.


Hasil yang Diharapkan

Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan program ICDL di lembaga Pendidikan baik formal maupun non formal adalah:

1.     Kesiapan generasi muda produktif indonesia dengan keterampilan Komputer yang diakui secara internasional, agar mereka mampu untuk bersaing di era globalisasi.
2.     Dengan menyetujui sebagai Approved Test Center (ATC) ICDL, lembaga pendidikan tersebut akan memiliki posisi tawar dalam dunia pendidikan dengan motivasi yang akan meningkat seiring banyaknya lulusan yang tersertifikasi oleh ICDL.
3.     Meningkatkan kesadaran generasi muda Indonesia dalam bidang teknologi Informasi dan komunikasi.
4.     Menghasilkan tenaga kerja yang kompetitif terutama kepada para alumni Madrasah Tsanawiyah | Madrasah ALIYAH| SLTP | SLTA | PERGURUAN TINGGI agar mereka menguasai Tekhnologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di tempat kerja yang kompetitif, baik lokal atau internasional.
5.     Para alumni ICDL diharapkan dapat dengan mudah diterima untuk bekerja baik di institusi lokal  maupun internasional.
6.     Pengembangan sumber daya manusia sebagai bagian dari upaya membangun bangsa dan Negara Indonesia.


Proses Akreditasi ATC-ICDL

1.     Menyiapkan syarat administratif salinan legalitas Perijinan Pendirian dan Penyelenggaraan Lembaga Pendidikan.
2.     Mengisi Form Aplikasi Approved Test Center (ATC) ICDL
3.     Mengisi Form Aplikasi audit awal sarana dan pra sarana Approved Test Center (ATC) ICDL
4.     Local Investigation / Investigasi Lokal untuk pengecekan sarana dan pra sarana
5.     Kontrak Akreditasi Approved Test Center (ATC) ICDL
6.     Pelatihan Instruktur ICDL (Invigilator) dan Instalasi – instalasi.
7.     Penyelenggaraan Test ICDL


Integrasi antara program sekolah dengan program Serfikasi ICDL

Bahwa untuk pelaksanaan Program Sertifikasi ICDL sebagai yang diutarakan diatas, pihak Approved Test Center (ATC)  bisa melaksanakannya secara extra Kulikuler ataupun Intra kulikuler, sebagai yang telah di atur oleh Peraturan yang ditetapkan oleh kementerian Pendidikan, diantaranya ádalah apa yang tertera dalam program managament berbasis sekolah (USPN N0.20 Tahun 2003, Pasal 51 ayat1 “ bahwa pengelolaln satuan pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan memengah dilaksanakan berdasarkan stándar pelayanan minimal dengan prinsip management berbasis sekolah atau Madrasah”.

Bahwa untuk implementasi program tersebut dibutuhkan adanya persetujuan antara Sekolah dan Komite sekolah yang tertuang dalam RAPBS ( Rencana Anggaran Program Belanja Sekolah) sehingga untuk Sertifikasi ICDL tidak lagi dibutuhkan pembiayaan extra orang tua murid karena sudah masuk dalam program Intra Kurikuler yang telah ditetapkan bersama antara Sekolah dan Komite Sekolah.

Sumber pembiayaan pelaksanaan program Sertifikasi ICDL tersebut terdapat beberapa resources pembiayaan antara lain ádalah :

1.     Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk sekolah menengah pertama 
2.     Pembiayaan dari orang tua siswa
3.     Biaya rutin sekolah, baik yang berasal dari pemerintah maupun usaha-usaha lain yang ada di sekolah
4.     Pembiayaan lain yang akan diupayakan oleh pihak ICDL Indonesia dari sumber-sumber Dana Luar Negeri jika dimungkinkan,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Sertifikat Komputer Tingkat Internasioanal - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger